Tuesday, October 25, 2005

KENAPA PERLU TOT
Training Of Trainer adalah kegiatan pembekalan terhadap para pengurus baru sebuah organisasi, dalam kegiatan ini diharapkan akan terwujud kesamaan pandangan para pelaku organisasi terhadap pelaksanaan AD/ART, PLKO dan JUKLAK.
Kegiatan ini dipandang perlu secepatnya direalisasikan mengigat dewasa ini dalam membesarkan nama organisasi, para pelaku organisasi masing-masing punya persepsi sendiri-sendiri dalam menerjemahkan AD/ART, PLKO dan JUKLAK.
Banyak permasalah yang perlu kita kaji, analisa, serta perlu dicarikan pemecahannya bersama-sama, agar perjalanan organisasi kedepan, tidak mengalami kemunduran, stagnan atau bahkan mati dengan sendirinya.
Permasalahan-permasalahan yang kita sadari maupun tidak telah kita sumbangkan bersama-sama, seperti adanya anggapan senior overlapping, pengurus hanya jadi robot, pengurus tidak diberi kesempatan berimprovisasi, gap antar individu bahkan antar kelembagaan, jenuh karena program kerja hanya itu-itu saja, organisasi hanya perlu dibicarakan saat rapat atau pelaksanaan program kerja, aturan baku organisasi diubah dengan alasan kesepakatan bersama tanpa adanya kajian mendalam, diskriminasi spsesialisasi dll (dan lainnya lupa)
Untuk menyelesaikan permasalahan organisasi yang sedemikian kompleksnya, TOT memang bukanlah satu-satunya jalan keluar, semua itu nantinya akan berpulang pada kedewasaan para pelaku organisasi itu sendiri.
Sebab dalam TOT ini para pelaku organisasi hanya diajak memahami diri sendiri, dan pelaku organisasi lainnya, analisa SWOT dan analisa masalah. Harapannya dengan memahami hal-hal tersebut, maka setiap kebijakan yang dirumuskan oleh para pelaku organisasi akan semakin efektif, efisien, beraday guna dan berhasil guna tanpa mencedarai AD/ART, PLKO dan JUKLAK.

1 Comments:

At 9:16 PM, Anonymous Anonymous said...

This comment has been removed by a blog administrator.

 

Post a Comment

<< Home